RASISME


RASISME






Rasisme adalah suatu sistem kepercayaan atau doktrin yang menyatakan bahwa perbedaan biologis yang melekat pada ras manusia menentukan pencapaian budaya atau individu, bahwa suatu ras tertentu lebih superior dan memiliki hak untuk mengatur ras yang lainnya. Beberapa penulis menggunakan istilah rasisme untuk merujuk pada preferensi terhadap kelompok etnis tertentu sendiri (etnosentrisme), ketakutan terhadap orang asing (xenofobia), penolakan terhadap hubungan antarras (miscegenation), dan generalisasi terhadap suatu kelompok orang tertentu (stereotipe). Rasisme telah menjadi faktor pendorong diskriminasi sosial, segregasi dan kekerasan rasial, termasuk genosida. Politisi sering menggunakan isu rasial untuk memenangkan suara. Istilah rasis telah digunakan dengan konotasi buruk paling tidak sejak 1940-an, dan identifikasi suatu kelompok atau orang sebagai rasis sering bersifat kontroversial.

                Sulitnya memberantas rasisme dari dunia sepak bola membuat ketua wasit UEFA, Pierluigi Collina angkat bicara. Mantan wasit itu mengatakan bahwa wasit "harus siap membuat keputusan" untuk menghentikan pertandingan dalam melawan "kanker rasisme".
Ibarat sebuah penyakit, Collina menyamakan bahaya dari rasisme seperti kanker. Selain berbahaya rasisme juga harus diberantas sampai ke akarnya. "Ini seperti taruhan, rasisme adalah kanker yang harus diperangi. Jika tidak, sepak bola akan mati," kata Collina kepada La Gazzetta dello Sport.

                "Seperti yang diucapkan Michel Platini, sejak 2009 UEFA memiliki protokol yang sangat jelas yang harus dihormati wasit. Jika ada penghinaan secara terang-terangan dan siulan, langkah pertama adalah menghentikan pertandingan sementara dan memberikan peringatan kepada seluruh penonton", Collina menambahkan. Collina menambahkan jika situasi tidak membaik, wasit bisa menghentikan pertandingan selama lima sampai sepuluh menit. Menurut pria berusia 52 tahun itu selama penghentiaan pertandingan kedua tim harus kembali ke ruang ganti dan memberikan peringatan melalui pengeras suara.

Namun, jika belum teratasi juga, Collina melanjutkan bahwa "pertandingan harus dihentikan". Hal itu sesuai dengan delegasi UEFA danb penanggungjawab keamanan dari pihak setempat. "Ini adalah keputusan yang sulit, tetapi wasit harus siap untuk membuatnya. Ini adalah tugas mereka," ucap Collina.

Comments

Popular Posts